Proposal Business Plan Poernama Dimsum
PROPOSAL
BUSINESS PLAN
POERNAMA DIMSUM
Untuk Memenuhi Persyaratan pada Mata Kuliah
Pengantar Bisnis
Dosen: Rizcky Oktavia Nur, S.E., M.M., Ak., CA.
Oleh:
Nurfaisal
205020200111106
PROGRAM STUDI STRATA 1 MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS BRAWIJAYA
M A L A N G
2 0 2 1
1. Latar Belakang
Usaha
penjualan makanan dan minuman merupakan salah satu jenis usaha yang paling
populer di Indonesia. Selain karena makanan dan minuman adalah sebuah
komoditas-kebutusan primer, psikologis dari masyarakat Indonesia sendiri yang
senang untuk mencoba hal-hal baru dan tengah hangat diperbincangkan. Wajar saja
apabila banyak produk makanan yang ketika viral, orang lain pun berbondong-bondong
untuk mencoba membelinya.
Sama halnya
dengan dimsum. Dim sum (tradisional: 點心, sederhana: 点心 hanyu pinyin: dianxin)
adalah istilah dari bahasa
Kantonis dan artinya adalah "makanan kecil". Biasanya
dim sum dimakan sebagai sarapan atau brunch. Namun karena dimsum
populer ke dunia dari Hongkong maka
istilah dimsum lebih populer dibandingkan dianxin. Dimsum
terdiri dari berbagai macam penganan kecil-kecil yang biasanya merupakan
makanan bersama teh. Orang Kanton sendiri sangat mementingkan acara minum teh
yang disebut yamcha (Hanzi: 飲茶, hanyu pinyin: yincha).Makanan asli tiongkok
ini memiliki rasa yang enak dan digemari oleh banyak masyarakat Indonesia. Akan
tetapi, jumlah penjualnya terbilang sedikit. Di daerah Cirebon saja sangat
sulit untuk menjumpai penjual dimsum, kalaupun ada, rasa-rasanya usahanya tidak
dibuat secara maksimal. Penjual dimsum terkadang dalam produksinya menyesuaikan selera
masyarakat Indonesia agar laris, sehingga rasa autentiknya kemudian hilang.
Oleh karena
itu, saya membuat proposal bisnis ini sehingga peluang yang telah ada dapat
dimanfaatkan dengan maksimal. POERNAMA Dimsum diharapkan dapat menjadi
alternatif jajanan masyarakat Cirebon yang murah, enak, dan berkualitas.
2. DESKRIPSI PRODUK
2.1
Klasifikasi Konsumen Sasaran
Dikarenakan sedikitnya jumlah penjual dimsum di
Kabupaten Cirebon, tentunya usaha ini masih sangat asing di telinga masyarakat.
Dengan berbagai keunggulan yang ada dalam produk ini, saya optimis terhadap
usaha yang akan saya jalankan karena memiliki ancaman yang minim yaitu begitu
sedkitnya pesaing dalam usaha sejenis di Kabupaten Cirebon.
Selain itu produk dimsum ini juga memilki nilai tambah berupa rasa yang autentik dan kemasan yang lebih menarik dibandingkan dengan pesaing. Identifikasi kekuatan dan kelemahan suatu usaha itu sangat diperlukan untuk menilai kapasitas usaha untuk bertahan dari hambatan–hambatan ataupun persaingan dari kompetitor, oleh karena itu Poernama Dimsum membutuhkan analisis usaha sederhana dengan menggunakan analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, dan Threats), sbb
STRENGHTS
- Harga yang terjangkau
- rasa yang autentik
- kemasan yang menarik
- kualitas alat dan
bahan terjamin dan higienis
- pelayanan yang ramah dan cepat
WEAKNESS
- Dikarenakan ini usaha baru, maka media untuk berjualan masih sangat terbatas.
- Selain itu, wilayah penjualan belum tercover layanan gofood/ grabfood sehingga menyulitkan delivery online
OPPORTUNITIES
- wilayah penjualan yang
strategis
- pesaing yang sangat
sedikit
- permintaan yang tinggi
THREATS
- Dikarenakan bahan utamanya adalah ayam, yang mana itu komoditas warga, bisa saja harganya naik drastis terutama menjelang labaran. hal ini tentunya mengganggu penjualan nanti.
2.2
Segmentasi , Targeting, dan Positioning
Sasaran produk ini adalah anak – anak
muda yang secara karakteristik mereka suka untuk mencoba makanan-makanan yang
sedang viral. Alun-alun Arjawinangun adalah tempat yang penuh dengan anak-anak
muda, khusunya sore hari sehingga memudahkan dalam menjual produk kita.
Selain
anak-anak muda, dimsum ini juga cocok untuk para orang tua yang ingin
membelikan makanan untuk dirinya sendiri ataupun untuk anaknya. Dikarenakan
rasanya yang enak dan bertekstur lembut, siapapun pasti menyukainya. Jika
mereka membeli produk ini dan menyukainya, biasanya mereka merekomendasikan
dimsum ini kepada teman-temannya, maka promosi dari mulut ke mulut ini dapat
membantu usaha kita menjadi lebih dikenal lagi.
2.3
Peluang Pasar
Seperti yang disinggung pada
sub-bab latar belakang, dimsum ini sedang digandrungi oleh masyarakat Indonesia
sehingga permintaannya banyak, di berbagai kota. Hanya saja, di aerah kabupaten
seperti Cirebon, penjualnya masih tergolong sedikit. Penjual eksisting pun tidak
memperhatikan inovasi dan kualitas produknya. Poernama Dimsum menghadirkan
produk yang murah, enak, dan terjamin higienitasnya.
2.4
Analisis Risiko
Risiko dalam usaha bisnis dumpling
ini tergolong kecil. Selain karena pesaingnya yang sangat sedikit, namun
permintaannya dari konsumen cukup banyak.
3. MEKANISME PRODUKSI BARANG DAN
JASA LAYANAN
3.2 Manajemen Operasional
·
Persiapan tempat dan lokasi usaha
Lokasi yang strategis merupakan hal
penting dalam menjual suatu produk karena dapat dengan mudah dijumpai oleh
banyak orang dan tidak menyulitkan orang lain untuk mencari lokasi penjualan.
Lokasi yang kita gunakan sebagai tempat berjualan adalah Alun Alun
Arjawinangun, di depan SMPN 1 Arjawinangun.
·
Persiapan produk
Bahan baku yang saya gunakan tentunya
mudah untuk dicari—bisa didapatkan di Pasar Tradisional Arjawinangun. Saya juga
tentunya memastikan bahwasanya produk yang akan digunakan berkualitas baik dan
bersih.
·
Promosi
Promosi yang akan saya gunakan dalam
memperkenalkan produk dimsum purnama ini adalah melalui iklan di media sosial,
seperti foodvlogger yang mereview dan mempromosikan secara berbayar. Selain
itu, kita memanfaaatkan promosi dari mulut-ke mulut yang dilakukan oleh
konsumen kita yang puas dengan rasa dan kualitas dimsum purnama ini.
3.2 Manajemen Pelayanan
Untuk meningkatkan loyalitas
konsumen, saya akan melakukan manajemen pelayanan yang baik. Mulai dari
pelayanan yang fast-response, pelayanan yang ramah, dan pemberian diskon dan
promo di hari spesial. Pelayanan fast-response bertujuan agar apa yang konsumen
dapatkan, bisa terlayani dengan cepat dan sigap.
Pelayanan yang ramah
bertujuan agar memberi kesan baik konsumen terhadap pelayanan kita. Sedangkan
pemberian diskon dan promo di hari tertentu ini bisa meningkatkan penjualan dan
memperkuat loyalitas konsumen. Apabila tingkat loyalitas konsumen sudah tinggi,
kita dapat mengurangi biaya pemasaran dan fokus pada peningkatan kualitas.
3.2 Manajemen Lingkungan
Penjualan di tempat umum tentunya
juga dibarengi dnegan tanggung jawab saya sebagai penjual untuk menyediakan
tong smpah sehingga sampah tidak akan berserakan. Tak lupa juga untuk
membersihkan tempatnya sebelum dan sesudah usaha.
4. RENCANA PEMASARAN
4.1
Rencana jangka pendek dan Jangka panjang
|
Jangka
Pendek |
Jangka
Panjang |
|
1. Dikenalnya
produk Dimsum Nusantara oleh masyarakat 2. Adanya
peningkatan pendapatan 3. Menjaga
loyalitas konsumen 4. Meningkatkan
kualitas peoduk 5. Mengurus izin
usaha |
1. Mendiversifikasi
produk dimsum dengan varian-varian baru. 2. Melakukan
kerjasama dengan jasa antar makanan 3. Memperoleh
sertifikasi halal 4. Membuka paket
untuk suatu acara 5. Membuka cabang
baru di daerah Cirebon |
4.2
Segmen Pasar
|
No. |
Segmen
Pasar (diurutkan berdasarkan pangsa pasar) |
Pangsa
Pasar (presentase dari total layanan) |
Presentase
Kumulatif |
|
1. |
Anak muda (14 – 20 tahun) |
70% |
70% |
|
2. |
Masyarakat umum |
30% |
30% |
|
Total |
100% |
100% |
|
Berdasarkan
data di tabel, saya menargetkan 70% dari total pangsa pasar produk ini adalah
anak – anak muda khususnya yang berusia 14 – 20 tahun. Tempat yang saya
rencanakan untuk dijadikan lokasi berjualan berada di Alun-alun Arjawinangun
yang sebagian besar orang yang beraktivitas di sana adalah anak- anak muda. Ada
4 sekolah yang berdekatan di daerah itu. Alasan lainnya adalah anak muda memang
lebih tertarik untuk mencoba membeli makanan makanan baru. Mereka juga lebih
akrab dengan teknologi dan media sosial, yang mana itu merupakan salah satu
media promosi kami. Sedangkan 30% dari total pangsa pasarnya adalah masyarakat
umum.
Untuk rincian rencana anggaran, langsung DM aja ke instagram gue di @nurfaiisal.
Oh iya, yang mau beli dimsum nya juga boleh banget buat dm ke instagram yang tadi. Tapi sementara cuma melayani pemesanan di daerah cirebon aja.
Thank you!

Komentar
Posting Komentar